Resep dan Cara Memasak Ayam Goreng Serundeng Khas Ciamis

Advertisement
Advertisement
Ayam Goreng Serundeng Khas Ciamis - Ciamis adalah salah satu dari sekian banyak daerah di Indonesia yang kaya akan ciri khas kuliner yang tak kalah enak dari yang lainnya. Banyak makanan khas Ciamis yang sudah dikenal di belahan Nusantara bahkan Mancanegara. Yang kental dengan khas Ciamis adalah Galendo yang sampai saat ini masih banyak diminati.

Pada kesempatan kali ini yang akan saya kupas tuntas adalah Ayam Bakar Serundeng khas masakan Ciamis yang sangat terkenal di berbagai daerah dengan kenikmatan daging ayam yang gurih ditaburi dengan serundeng kelapa yang sangat menggoda, menjadikan ayam goreng serundeng khas Ciamis masih jadi primadona kuliner yang sangat khas.

Serundeng merupakan salah satu makanan khas Indonesia warisan orang tua dulu yang bisa digunakan sebagai lauk pauk nasi. Serundeng adalah parutan kelapa yang digoreng hingga kuning kecoklatan dengan bumbu-bumbu seperti bawang bombay, cabai, bawang putih, bawang merah, ketumbar, kunyit, gula, asam jawa, daun salam, daun jeruk dan lengkuas.

Di sini saya akan berbagi Resep Masakan yang ada hubungannya dengan masakan khas Ciamis yaitu Cara Resep Masakan Ayam Bakar Serundeng Khas Ciamis yang sangat populer di kalangan pecinta kuliner Nusantara dengan rasanya yang sangat enak, gurih dan nikmat menjadikan masakan ini paling diminati. Mari simak resep dan cara memasaknya di bawah ini:

Resep Memasak Ayam Goreng Serundeng Khas Ciamis

Ayam Goreng Serundeng Khas Ciamis

Bahan yang harus disediakan:

- 1 buah dada ayam,direbus,disuwir2 halus dagingnya
- 5 lbr daun jeruk,dibuang tulangnya
- 2 cm lengkuas, diparut
- 2 lbr daun salam
- 2 btg serai,diambil putihnya,dimemarkan
- ½ sdt garam
- 2 sdt gula pasir
- 150 ml air kaldu ayam
- 1 sdm air asam (dari ½ sdt asam jawa yg dilarutkan dgn 2 sdm air)
- 3 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus :

- 3 buah cabai merah besar,dibuang bijinya
- 5 buah cabai merah keriting
- 3 siung bawang putih
- 3 butir kemiri, disangrai
- 1 sdt ketumbar
Cara membuat :
  1. Panaskan minyak.
  2. Tumis bumbu halus, daun jeruk, lengkuas, daun salam dan serai sampai harum.
  3. Tambahkan suwiran ayam.
  4. Aduk rata.
  5. Masukkan air kaldu ayam, garam, dan gula pasir.
  6. Masak sampai meresap dan tambahkan air asam, aduk sampai kering
  7. Sajikan
Dengan Resep Ayam Goreng Serundeng Khas Ciamis yang sangat mudah didapat dan proses pembuatan yang tidak sulit, menu ini cocok untuk dijadikan pilihan spesial masakan anda dan keluarga. Selamat mencoba..

Advertisement